Kamis, 24 Januari 2013

7 SUMMIT of INDONESIA Versi Fathur

kali ini saya akan mengulas atau menulis tentang pencapaian puncak 7 gunung di indonesia. Mulai yang mudah sampai yang susah untuk mencapainya. & gunung versi saya itu adalah Bromo, Gede, Cikuray, Papandayan, Merapi, krakatau, dan Rinjani. Sebenernya 7 gunung itu belum mewakili 7 SUMMITnya indonesia. seharusnya gunung semeru, agung, rinjani, cartenz, kerinci, tambora, Merapi. Karena ini versi saya jadi ya gak masalah juga. langsung saja menuju ke gunungnya aja deh.

1. Gunung Bromo
Gunung bromo adalah termasuk gunung yang dijadikan wisata sehingga akses maupun fasilitas penunjang sudah memadai. Gunung yang dapat di tempuh melalui probolinggo atau malang ini tidak membutuhkan pendakian yang benar benar serius. Dengan badan fit dan jaket tebal serta beberapa cemilan serta minuman pun sudah dapat mendaki hingga bibir kawah. Meskipun tantangan adrenalin yang kecil untuk mendaki gunung ini namun pesona pemandangan yang indah sangat memanjakan mata para penikmatnya. Sunrise, padang savana, serta lautan pasir menjadi sajian khas gunung bromo ini.























2. Gunung Gede
Taman Nasional Gede Pangrango yang mengelola dua puncak gunung di kawasan cibodas ini memberikan tawaran keindahan alam gunung gede dan pangrango. Lokasinya yang mudah di jangkau dari jakarta, Bogor, Sukabumi, Bandung dan daerah terdekat dengan Bogor membuat gunung ini ramai pendaki setiap harinya. Pendakian gunung gede ini konon katanya cocok untuk pemula yang ingin naik gunung. Jalur pendakian yang biasa dan cocok di tempuh oleh pemula adalah jalur cibodas, dengan model jalur yang landai namun panjang serta di suguhi pemandangan yang menyejukkan mata. Ketika tiba di puncak gede maka akan terlihat puncak pangrango yang begitu gagah dan kuat.
























3. Gunung Cikuray
Agak meningkat sedikit tingkat terjal jalur pendakian jika di bandingkan dengan gunung gede. Gunung cikuray ini terletak di garut jawa barat mudah di tempuh dari jakarta, bogor, bandung, dan tasikmalaya. Jalur pendakian yang tak mengenal ampun gunung ini memang diakui banyak orang menguras tenaga baik naik maupun turunnya. Ya jalur terjal dari bawah hingga atas tak ada bonus landai satupun serta tak adanya mata air membuat pendaki harus membawa air sebanyak banyaknya dari bawah. Jika beruntung maka pesona sunrise akan sangat indah, warna merah oranye berpadu dengan putih awan serta birunya langit pagi.























4. Gunung Papandayan
Masih di tanah garut gunung papandayan ini berbeda dengan gunung cikuray, jalur pendakian yang lebih landai membuat pendakian tidak seberat mendaki gunung cikuray. Kawah gunung yang terletak di jalur pendakian membuat kecoh bagi pendaki yang belum tau bahwa puncak gunung masih separuh perjalanan lagi dari kawah gunung. Gunung ini termasuk gunung yang kompleks, karena menyajikan padang savana dengan edelweis, puncak, air terjun mini, danau belerang, sungai mini, kawah, hutan mati, serta danau mati. Pendakian yang tak memakan banyak waktu di gunung Papandayan ini menarik perhatian orang orang untuk sekedar camping di padang savana edelweis. Dengan lama waktu tempuh cuma dua jam sudah dapat menikmati keindahan gunung ini.

























5. Gunung Merapi

Gunung Merapi terletak di boyolali, klaten dan Magelang yang masih dekat dengan rumah saya di Boyolali. Gunung ini juga merupakan gunung favorit bagi para pendaki, selain karena keindahannya juga karena jalur pendakian yang lumayan bikin ngos ngosan. Jalur terjal tanpa bonus di Merapi mirip dengan jalur di Cikuray cuma bedanya pada saat sampai puncak di Merapi terdapat kawah berapi yang masih aktif. Dengan lama pendakian 5 jam santai kata orang yang sering mendaki Merapi lebih enak jika di lakukan tiktok yaitu naik turun tanpa ngecamp. Sepertinya pendakian kedua saya nanti akan tiktok juga :D





























6. Gunung Anak Krakatau
Gunung Anak Krakatau ini seolah bukan seperti gunung karena letaknya yang di laut dan sebagian besar badan gunung terendam air laut maka pucuknya pun hanya terlihat seperti bukit yang tidak setinggi gunung di daratan. Karena lokasinya di tengah laut maka akses menuju gunung ini lebih sulit jika di bandingkan dengan gunung lainnya. Dahulu ibunya sang krakatau pernah menggelapkan seluruh daratan bumi karena letusannya yang sangat dasyat hingga sebagian besar badan gunung ikut meledak ke angkasa. Karena kharisma sang ibu yang begitu dasyat membuat gunung anak krakatau ini kini menjadi tempat tujuan favorit bagi para penikmat jalan jalan.
























7. Gunung Rinjani
Yang terakhir ini adalah gunung paling special buat saya, ya karena selain kecantikannya juga karena untuk menuju ke Rinjani membutuhkan persiapan yang tidak sederhana. Mulai dari persiapan fisik, dana, keciapan mental dan mata serta otak untuk siap menerima keindahan yang tak akan terlupakan. Gunung yang terletak di lombok ini memang memberikan pesona keindahan yang sungguh menawan. Dengan lama pendakian 4-5 hari membuat gunung ini tak bisa di lupakan begitu saja. Jalur pendakian yang begitu lengkap membuat mata terperana menikmatinya. Dimulai dengan jalur padang savana, perbukitan, kemudian lembah, sungai, danau, panjat tebing, dan hutan. Ketinggian 3726mdpl membuat puncak gunung ini tetap dingin meskipun hari sudah siang, serta tiupan angin yang kencang membuat udara semakin dingin. Pada musim kemarau lah pendakian yang membuahkan hasil manis pada gunung ini.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar