Rabu, 26 Desember 2012

[ BANYUWANGI ] TN Baluran, Afrikanya Jawa Timur

Lelah dalam langkah meninggalkan Kawah Ijen saya menerobos sepinya kota banyuwangi menuju situbondo. Pukul 11:45 saya tiba di terminal bus ketapang, dan langsung naik bus menuju surabaya melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Baluran. Selama satu jam saya di atas bus menuju Situbondo sambil menikmati pantai yang terletak di samping jalan raya ketapang surabaya. Gerbang Taman Nasional yang terletak di pinggir jalan terlihat sudah dari kejauhan. 13:00 WIB di depan gerbang TN saya menanyakan kepada petugas dimana tempat pembelian tiket masuknya. Sambil bertanya tanya saya di sarankan untuk memakai jasa ojek karena jika berjalan kaki akan memakan waktu sekitar 2 jam. Dengan membayar 70 ribu saya di antarkan pulang pergi sampai pantai savana dan pantai bama. Melepaskan lelah sambil meregangkan otot otot yang kaku selepas menaiki dan menuruni kawah ijen.





























Tak jauh dari padang savana yang gersang saya sudah sampai di pantai bama. Pantai bama adalah pantai berombak tenang dan sepi sangat baik untuk bersantai dan melupakan kepenatan selama bekerja dijakarta. Ingat brosur yang saya dapat dari kantor reservasi bahwa di pantai bama bisa snorkling, namun ketika melihat pantainya tidak ada terumbu karang maka saya urungkan niat saya untuk snorkling. Berjalan di tepi pantai menikmati tiupan angin berhembus sambil mengarahkan mata keduaku untuk mengambil gambar.



























Saya memang suka banyak teman namun saya tidak bisa menikmati apapun ketika saya sedang dalam keramaian. Nisa jadi tempat yang sepi dan tenang seperti pantai bama inilah yang tenang untuk bersantai. Sebelum saya berhayal dan melamun di tepi pantai bama saya sempatkan untuk makan siang di cafe tepi pantai bama. Memesan nasi pecel dan es sprite sepertinya akan menambah daya berhayal saya. Harga makan pun tak mahal seperti di cafe cafe pada umumnya, hanya 8ribu untuk sepiring nasi dengan sayur pecel dan telur ceplok. Kenyang dan segar memulai untuk berjalan santai di tepi pantai bama, ada beberapa anak remaja yang sedang bersantai juga di pantai ini namun tak merusak ketenangan dan suasana pantai ini. Selesaihunting kira kira pukul 17:00 WIB saya putuskan untuk segera kembali ke gerbang dan menunggu bus arah ke surabaya atau madura.. Selama di TN baluran saya di antarkan dan di bantu pak wagino dengan beberapa cerita dukanya. Semoga anak bapak mendapat jalan keluar dan masalahnya segera selesai ya pak Wagino :), amin.

sempat saya mengambil gambar saat perjalanan dari pantai bama menuju gerbang TN baluran, ya di bekol alias savana :D




2 komentar: