Senin, 03 Desember 2012

[ BOYOLALI ] Pendakian Gunung Merapi

Perjalanan menuju gunung merapi diawali dari kota bandung, karena sehari sebelum tiba di boyolali saya mendatangi acara pernikahan seorang teman. sepulang dari resepsi pernikahan yang di gelar di desa cigugur girang bandung saya mempir ke agen penjualan tiket bus bandung expres. kemudian pada pukul 15:30 ketika bersiap siap untuk meninggalkan bandung cuaca berubah menjadi gerimis hingga berhenti pada pukul 17:00 dan begitu hujan reda saya langsung diantarkan oleh adek saya menuju daerah setiabudi bandung. setelah adzan magrib sekitar pukul 18:30 bus di berangkatkan menuju solo. duduk di kursi belakang dan berharap ada yang menemani yaitu seorang cewe :). namun akhirnya hingga bus melaju sampai boyolali kursi di sebe;ah tetap kosong. karena macet di daerah cirebon maka bus yang biasanya tiba di boyolali pukul 05:00 terpaksa terlambat baru pukul 07:15 baru sampai. Sembari menunggu sodara sepupu dari batang saya sempatkan untuk sarapan terlebih dahulu sekalian charge hape yang sudah sekarat. pukul 07:45 kakak sepupu saya datang dan segera menuju selo dengan bus kecil atau engkel.

Bus kecil menuju selo

selamat pagi pasar sunggingan

tiba di selo pukul 10:00 dan langsung melengkapi logistik yang sudah di sediakan oleh galaxy mart 100m berjarak dari pertigaan menuju base camp. sebelum mulai mendaki kami bertiga makan terlebih dahulu di depan galaxy mart, semangkok soto ayam sudah kami dapatkan dan segera memulai pendakian. Pendakian di mulai dengan berjalan kaki sekitar 3km menuju basecamp dari jalan raya. lapor sekaligus membayar tiket menuju puncak merapi seharga 5000 rupiah per orang.

menuju basecamp

perjalanan awal menuju pos satu masih di dominasi pepohonan tinggi dan cukup rindang sehingga tak begitu terasa panas. lama perjalanan dari basecamp menuju pos 1 adalah 3 jam. kemudian dari pos 1 menuju pos 2 pepohonan sudah mulai jarang dan medan mulai berpasir dan berbatu. lama perjalanan menuju pos 2 adalah 1 jam. selama perjalanan kami betiga tidak mengalami kendala yang berarti. dari pos 2 menuju pos 3 memakan waktu selama 30 menit, tapi begitu melewati watu gajah hujan turun dengan deras. tanpa istirahat kami lanjutkan ke pasar bubrah dengan medan batuan terjal dan berpasir. lama perjalanan dari pos 3 sampai ke pasar bubrah adalah 1 jam. karena hujan masih deras kami berharap hujan segera reda dan bisa memasang tenda. kami menunggu hingga 17:30 namun hujan tak juga reda akhirnya kami nekat memasang tenda dalam kondisi hujan. dari pukul 18:00 hingga 24:30 kami tak banyak melakukan apapun karena hujan masih turun dengan deras dan di sertai angin gede juga petir. dalam tiupan angin saya mendengar seolah di sekita area tenda kami sedang terjadi jual beli antara banyak orang. Jika orang sekitar gunung merapi bilang suara itu adalah suara jin yang sedang berjualan layaknya di pasar makanya dinamakan pasar bubrah. namun kalo di rasakan suara suara aneh tersebut berasal dari tiupan angin yang bertabrakan di sekitar batu batu yang berdiri disana.

baru pukul 01:00 hujan berganti gerimis dan kami segera membersihkan air yang masuk kedalam tenda dan bersiap untuk tidur. baru pukul 02:00 kami bisa tidur sebentar karena pukul 05:00 kami sudah bangun. bangun tidur masak dan berfoto foto sekedarnya hingga pukul 09:00, tapi begitu kami sudah mau bersiap meninggalkan  pasar bubrah malah ledatangan tamu dari makasar, demak dan kartasura. akhirnya kami sempatkan berkenalan dan ngobrol sebentar.

selamat pagi merbabu

gunung merbabu dari merapi

selamat pagi Mt lawu

selamat pagi kota boyolali

selamat pagi kota solo

selamat pagi sindoro, sumbing, dan merbabu

selamat pagi sindoro sumbing

bersama teman dari makasar, demak dan kartasura

bersiap untuk pulang

Kemudian karena waktu sudah semakin siang kami segera bersiap untuk turun. dari pasar bubrah. Perjalanan turun kami mulai pada pukul 10:30 langsung menuju pos dua dan di setiap perjalan di selingi untuk berfoto foto. dari pasar bubrah menuju pos 2 memakan waktu 1 jam perjalanan. karena capek dan tenaga sudah terkuras kami memilih istirahat sebentar di pos 2 dan makan cemilan yang tersisa. kemudian melanjutkan perjalanan ke pos 1 dengan lama perjalanan 1 jam juga.

Dari pos 2 ke pos 1 saya sempat terjatuh dan dengkul kehantam batu rasanya seperti tidak kuat berdiri lagi, namun setelah menunggu beberapa saat dan dipaksa untuk berjalan akhirnya kaki selamat. tak lama kemudian sebelum sampai ke gerbang pendakian kakak saya yang berganti jatuh terkilir. akhirnya kami istirahat sejenak di gerbang pendakian. meskipun banyak istirahat perjalanan dari pos 1 menuju new selo kami tempuh selama 1,5 jam. dan begitu sampai di new selo kami di sambut warung dengan menjajakan gorengan dan aneka minuman.