Selasa, 18 September 2012

[ LAMPUNG ] Kiluan Bay Dolphin Hunting

Keinginan melihat Dolphin di alam liar sudah dari sebelum lebaran dan baru dapat waktunya pas setelah lebaran. tadinya kami berlima sudah siap berangkat endank, sony, marina dan mantan saya keke nila. tapi karena suatu hal keke nila tidak jadi ikut. pergilah kami berempat ke teluk kiluan untuk melihat dolphin. perjalanan di mulai dari kampung rambutan oleh saya, sony, dan marina sedangkan ndank berangkat dari bandung bersama cowo barunya om malik id.setelah 3 jam perjalanan karena bisnya kayak kiong akhirnya kami bertemu dengan ndank, hafiz dan malik di merak. dari merak lanjut saja ke bakahuni naek ferry dengan lama perjalanan 3 jam.setibanya di bakahuni mobil jemputan yang akan mengantar rombongan kami menuju kiluan sudah menunggu.perjalanan menuju teluk kiluan memakan waktu kurang lebih 5 jam.


tawaran om hafiz di gerbang kiluan untuk foto bareng pun tak kami tolak. satu rombongan mobil kami ada om hafiz, kakaknya om hafiz, saya, ndank, sony, marina, mbak uni tasya dan mbak teh hesty. beberapa foto crek crek kami kembali naek ke dalam mobil dan lanjut ke desa teluk kiluan.

setelah meletakkan tas dan istirahat sebentar serta makan pembuka kami di arahkan om hafiz menuju pantai pasir putih yang trekingnya lumayan jauh dari homestay. treking yang tidak sia sia meskipun langit kurang bgtu cerah ceria tapi pantai ini masih bener bener bersih dari jamahan manusia, ya ada sampah sekedar pohon tumbang adn daun daunan.

berfoto ria dan bermain bersama anak anak kecil dari desa teluk kiluan menambah keceriaan siang itu. dalam hati tersenyum bahagia melihat keceriaan mereka yang sesekali saya foto dan ajak bercanda. karena mereka jarang di foto dan mungkin merasakan di foto itu enak mereka ketagihan sampai sampai meminta di foto lagi dan lagi.


sekitar satu jam di pantai pasir putih kami 36 orang habiskan waktu bermain air dan berfoto ria. dari 36 orang itu saya sendiri belum mengenal semuanya. baru kenal dengan malik mbak tasya dan hesty yang notabene orang baru ketemu. 36 orang itu adalah di bawah ini :


masih di hari yang sama, setelah pulang dari pantai pasir putih dan makan siang kami melanjutkan bersenang senang ke pulau kelapa. sampai di pulau kelapa saya bingung katanya mau snorkling??? tapi kok pantai pasir putih doank gini..., eh rupanya ada di sebelah kiri pojok pulau kelapa inilah spot snorkling yang tidak terlihat seperti spot snorkling. perlahan menuju ke bebatuan karang pulau itu saya menemukan kerumuna ikan warna warni tapi saya masih heran lha ini karangnya dikit tapi ikane banyak. Ternyata semakin ke tengah dan ke kiri gugusan karang semakin banyak dan besar. mencari cari ikan nemo yang sembunyi di balik anemon ternyata tidak saya ketemuan juga, yaudah fotoin ikan ikan kecil yang lain saja. tak sadar batere kamera sudah mau habis dan om sony teman saya memanggil katanya ada lion fish, sayang pas di jepret pas mati kameranya. tak apalah lion fishnya di nikmati dengan mata saja.








seusai matahari terbenam hari mulai malam kamipun kembali ke desa kiluan untuk istirahat sebelum ke esokan berburu lumba lumba. sesampainya di desa kiluan saya segera mengantri mandi dan segera makan malam bersama. acara malam itu di tutup dengan bakar ikan dan saya sendiri fotoin bintang yang datang kesorean.


saya kira bintang akan datang lebih indah pada 03.00- 05.00 ternyata perkiraan saya salah besar. pada pukul 03.00- 05 justru bintang sudah pergi meninggalkan saya. Lanjut setelah tidur panjang untuk berburu si lumba lumba, sarapan pop mie yang om hafiz pikir itulah yang praktis dan cepat slurp slurp habis sudah dan matahari pun masih malu malu menampakkan diri kami sudah meninggalkan desa kiluan. menuju kerajaan si lumba lumba di tengah samudra kiluan dengan perahu jukung kecil terasa sekali deburan ombak yang kami terjang.

setelah para pemburu lumba lumba berputar- putar karena tak kunjung melihat lumba lumba pun mencari tanda tanda keberadaan si lumba lumba. ya dimana diatas ada burung yang berburu ikan laut setidaknya di bawah juga ada lumba lumba yang sedang mencari makan.



sepotong video perjalanan ke kiluan bay :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar