Sabtu, 22 September 2012

Memotret Dengan DSLR???

Meskipun saya sendiri masih awam dan baru mengenal dunia fotografi tapi tidak ada salahnya jika saya berbagi dengan temen- temen. Dari judulnya memotret dengan DSLR??? ya merupakan sebuah pertanyaan. kenapa saya memberikan judul tersebut? ya bisa jadi karena sekarang saya lihat DSLR sudah seperti jamur ada dimana- mana. Waktu dulu pertama kali belajar memotret saya malah cuma menggunakan hape nokia 6600 yang sekarang entah masih ada atau tidak itu hape. Ceritanya curhat ini mengenai pejalanan hidup saya menggunakan kamera. Dari iseng- iseng suka asal jepret apa aja yang ada dihadapan saya munculah keinginan untuk belajar lebih jauh. Saat itu 2007 waktu masih di kampus putih biru itu saya mulai belajar dengan ikut klub fotografi kampus namanya photost, dengan teman- teman yang masih sedikit yang menggunakan bazoka alias DSLR. Termasuk saya sendiri masih menggunakan kamera HAPE NOKIA 6600. Tapi karena berjalannya waktu dan ingin belajar lebih akhirnya ku tukar guling eh tukar hape menjadi sony ericsson k800 yang fitur kameranya sedikit lebih canggih daripada nokia 6600. ternyata masih kurang puas juga dengan K800 terpaksa lah menabung beberapa bulan untuk membeli kamera saku atau poket yang ada mode manual dan dengan harga murah tentunya, ya waktu itu harga satu juta kurang sedikit sudah berat bagi saya. ketika menggunakan kamera poket sebenernya explorasi saya masih belum maksimal tapi nafsu untuk membeli DSLR sudah memuncak di dukung dana yang hampir memenuhi apalagi ada bantuan dana dari temen saya :). nikon D70 DSLR pertama yang saa beli dan pegang sendiri. oke ceritanya tidak akan di lanjutin tentang DSLR, tapi akan membahas labih lanjut tentang kamera NON-DSLR.

dari awal perjalanan kehidupan fotografi saya sebenernya memotret tidak harus dengan DSLR apalagi untuk belajar dan permulaan. dengan kamera HAPE yang notabene sekarang kualitas kamera HAPE makin canggih dan semakin banyak fiturnya pun juga dapat menghasikan gambar yang bagus. ya tentunya dengan kualitas gambar yang tidak setajam DLSR dengan resolusi tinggi, tapi jika dengan HAPE berkamera 5MP juga sudah cukup untuk mengabadikan momen mendadak dan view lanskap. bisa di bilang dengan kamera HAPE akan terbatas pada mode manual, pergantian lensa, telezoom atau perbesaran ekstra, dan resolusi tinggi. kalau ngomongin kamera HAPE saya jadi ingat seorang senior photost yang selalu menggunakan HAPE dalam memotret, beliau tidak memanfaatkan gear tapi memanfaatkan keadaan, seperti pemilihan angle yang pas, arah datang cahaya, dan komposisi yang tepat. dengan mencermati di luar kamera yang di gunakan kita dapat menghasilkan gambar yang bagus jika mengerti caranya. saya sendiri sebenernya juga ada beberapa foto yang sempet diambil dengan kamera hape K800 cuma lupa naruhnya dimana.

lanjut ke memotret dengan kamera poket atau saku, ya dengan kamera saku juga dapat dihasilkan gambar yang bagus. apalagi pada kamera saku seperti sekarang ini sudah banyak yang menawarkan banyaknya pilihan mode dan fitur fitur canggih. seperti halnya HDR, panorama, smile capture, dan lain lainnya. pada awal saya memakai kamera poket saya sempat hunting foto ke pulau dewata pada waktu geladi atau kerja praktek di telkom bali. dan beberapa foto yang saya anggap bagus saya ikutkan seleksi pameran foto dikampus. tidak disangka itu adalah pameran foto yang pertama kali saya ikuti dan salah satu foto saya masuk foto layak pajang hehehe :). dari situ saya percaya bahwa dengan kamera poket pun bia di hasilkan gambar yang bagus padahal waktu itu juga ilmu saya masih jauh banget dari sekarang, *padahal sekarang masih cupu. dari sanalah saya semakin semangat dalam mendalami fotografi. 

ini adalah contoh foto dengan kamera saku.

























meskipun sekarang sudah mempunyai kamera DSLR tapi muncul pikiran untuk belajar lagi menggunakan kamera poket. sepertinya akan lebih susah jika menggunakan kamera poket full automatis tanpa ada fitur atau mode manual. ya menurut saya susah kenapa??? dengan keterbatasn itulah yang membuat susah ketika ingin menghasilkan foto yang hasilnya sama dengan hasil DSLR. sepertinya akan lebih WOW ketika kamera saku dengan hasil DSLR.

di bawah ini adalah foto menggunakan kamera hape k800 sony ericsson, meskipun jelek dan sudah di edit sie.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar