Senin, 08 September 2014

Bukit Pergasingan Sembalun

Bukit pergasingan adalah sebuah bukit menjulang tinggi di samping gunung Rinjani meskipun tak setinggi gunung rinjani untuk mencapainya juga tak semudah melihatnya. Terletak di desa sembalun tak jauh dari Aikmel dan masih dalam wilayah Lombok Timur. Bukit pergasingan yang akhir akhir ini mulai ramai di perbincangkan oleh para pecinta travelling. Sebuah bukit yang menampilkan keindahan gunung Rinjani serta belum lama telah di resmikan sebagai tempat untuk Paragliding di Lombok.

Selepas menyebrangi Selat Alas yang memisahkan pulau Lombok dan Sumbawa saya memasuki Lombok Timur dan menginap semalam untuk mengistirahatkan badan serta menunggu terang esok hari. Seusai subuh saya melanjutkan menuju desa Sembalun dari Pelabuhan Kayangan, membutuhkan satu jam lebih untuk tiba di desa Sembalun. Hawa dingin pagi hari sudah menyambut serta hijaunya persawahan serta kebun warga desa Sembalun. Terlihat begitu ramai warga bergegas ke sawah dan kebun mereka. Terik matahari yang masih hangat mengurangi rasa dingin yang menyentuh kulit saya dan mereka. Beberapa terlihat senyum termanisnya saat saya memperhatikan mereka. Sebagian besar warga desa Sembalun bermata pencaharian sebagai petani sayur dan berkebun. Tanah yang subur di bawah kaki Gunung Rinjani menjadi anugrah dari Allah untuk mereka.

Melewati persawahan dan perkebunan nan hijau di kanan kiri tibalah di basecamp pendakian Gunung Rinjani. Info yang saya dapat ternyata pendaftaran untuk menaiki bukit pergasingan adalah di information center desa Sembalun. Tak jauh dari information center menuju start point bukit pergasingan dan kemudian menanjak melalui jalur trekking yang sudah di sediakan. Bukit gundul dengan rerumputan yang hijau tanpa pohon kayu yang tumbuh tinggi dan besar sudah di depan mata. Melihatnya memang mudah dan membuat mata segar namun coba rasakan sendiri bagaimana mendakinya. Setengah jam pendakian saya dan teman saya ndank sudah sampai di puncak bukit pertama, ya sebut saja puncak bukit pertama dan disitulah kami istirahat sebentar. Sejenak menghirup udara panas, ya panas karena sudah siang namun mata tetap segar memandang sekeliling di tumbuhi rumput hijau dan bukit- bukit serta tebing- tebing kaki Gunung Rinjani.

Bukit Pergasingan

Setengah jam menikmati keindahan desa Sembalun dari atas puncak bukit pertama pendakian saya lanjutkan. Jalur trekking lebih berat dan semakin panas terik matahari. Empat Puluh Lima menit kemudian sampailah saya di puncak bukit pergasingan ( namun bukan di tempat camping ) dan menikmati indahnya hamparan sawah berwarna warni dari atas bukit bagaikan mozaik alam. Di sebelahnya persawahan berdiri dengan anggun Singgasana Dewi Anjani. Dengan latar langit biru dan beberapa gumpalan awan turut menghias menjadikan pemandangan saat itu begitu pas.